Kenapa tetap merasakan Capek walupun sudah tidur yang cukup

Sering sekali kita sudah tidur cukup dalam sehari harinya tapi, tetap saja kita merasa cape ( kelelahan ) yang selalu berulang tiap harinya banyak orang orang yang menanyakan tentang ini tentang apa penyebabnya, Rahasianya adalah ada pada kita sebagai manusia bagaimana cara kita tidur.



Sebelumnya perlu di ketahui bahwa kita tidur itu mempunyai sebuah Ritme seperti kita bernapas,berjalan,dan makan semua yang kita lakukan oleh tubuh selalu mempunyai Ritme, termasuk dalam Tidur, Ritme dalam tidur kita ini dinamakan ULTRADIAN SLEEP CYCLE.

Penjelasan sikat tentang ULTRADIAN SLEEP CYCLE adalah gelombang otak yang meneliti selama kita tidur kita dapat melihat pola, dalam ritme yang berulang dalam gelombang di otak kita saat kita tidur ritme ini di sebut ULTRADIAN SLEEP CYCLE, dalam tahap ritme tersebut terdapat tahapan atau jenjang dalam tidur tersebut yang terjadi dalam tahap 1,2,3,dan REM ,arti dalam tahapan tersebut dan berikut cara kerjanya.

Tahap 1 adalah tahap merem melak yang berlanggsung saat kita mau atau saat akan kita biasanya berusaha untuk mencoba memulai tidur yang sering terjadi saat kita di ruang kelas saat tidak ada guru yang datang, didalm tahap ini mata kita bergerak secara perlahan dan aktifitas otot kitamulai melambat.

Kemudia pada tahap yang ke 2 ini , pergerakan pada mata kita berhenti datak jantung kita melambat suhu tubuh menurun dan semakin sulit untuk di bangunkan karna tubuh kita sudah mulai siap untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap dalam tertidur yang lelap.

Pada tahap 3, kita bisanya sudah tertidur dalam posisi yang terlelap gelombang di dalam otak sudah menjadi sangat lambat, dan tubuh sudah ada dalam keadaan yang lebih rileks.

Dalam tahap REM ( rapid eye movement ) ,dalam tahap ini mata menjadi bergerak cepat , nafas menjadi lebih pendek , dantekanan darah meningkat dalam tahap ini gelobang otak kita menjadi sama seperti dalam gelombang otak kita saat sedang bangun ( tersadar ) , dalam tahap inilah biasanya kita dalam posisi sedang bermimpi .

Dari tahap 1,2,3,sampai denga REM dijalanjak dalam 90 menit dalam tiap siklusnya , namun itu akan menjadi panjang tergantung selama kita tidur , Kembali ke pertanyaan kenapa masi merasakan cape maski sudah tidur dalam keadaan yang kucup.

Penybabnya adalah waktu saat kita bangun itu adalh kuncinya , bila kita tidur dan bangun di tengah tengah ritme  ( Ritme 2 ) maka itulah yang akan menghasilkan kita akan tetap dalam keadaan yang capek , itulah sebabnya saat kita tidur siang dan bangun dalam keadaan yang sangat seger , tapi kemudian kita tidur 8 jam lebih pada malam hari dan paginya di bangunkan dengan alarm dan pada saat bangun kita tidak merasakan puas dalam tidur tersebut , Karna faktanya waktu saat kita bangun dalam tidur itu sangat penting bukan cuma oleh jam tidur , jadi berapa banyak waktu yang di perlukan untuk tidur dalam seharinya banyak faktor yang bisa menentukan itu , seperti usia , tempat gaya hidup, diet, penyakit yang diderita ,hingga genetik. 

Tipi jika di jawab dengan jujur kenapa kita tudur hal itu masi dalam misteri dalam ilmu Sains tapi yang pastinya kita tertidur dikarenakan ngantuk kita kita rasakan dan kemudian di respon oleh otak kita .







Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kenapa tetap merasakan Capek walupun sudah tidur yang cukup"

Back To Top